Menguasai Hari Pembalasan

Tuesday, March 12, 2013 By Al Quran Terjemah 0 comments

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

"Yang menguasai di Hari Pembalasan di hari kiamat nantinya"

Maalik (Yang Menguasai / Penguasa) dengan memanjangkan mim ianya berarti : pemilik jika dibaca dengan memendekkan mim, artinya: Raja.

Yaumiddin atau Hari Pembalasan adalah hari yang mana diwaktu itu masing-masing orang / manusia akan menerima pembalasan atas amal perbuatannya masing masing baik maupun buruk akan menerima balasan yang setimpal dari Allah Subhanahu Wata'ala.

Lafal 'yaumuddiin' disebutkan secara khusus, karena pada hari itu tidak ada seorang pun yang mempunyai kekuasaan, kecuali hanya Allah Subhanahu Wata'ala semata, hal ini sesuai atau kembali diterangkan dengan firman Allah Subhanahu Wata'ala yang dalam bahasa indonesianya kurang lebih 

"Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini (hari kiamat)? Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan." (Q.S. Al-Mukmin 16) 

Menurut sebagian ahli tafsir 'maaliki' maknanya juga bisa menjadi "Dia Yang memiliki semua perkara di hari kiamat". Atau Dia (Allah) adalah Dzat yang memiliki sifat ini secara kekal, perihalnya sama dengan sifat-sifat-Nya yang lain, yaitu seperti 'ghaafiruz dzanbi' (Yang mengampuni dosa-dosa).

Sebagaimana ayat ayat yang lain dalam surah Al Fatihah yang mana setiap ayat telah sudah dan atau nantinya akan diterangkan dalam surah - surah yang lain, pun demikian dengan makna dari surah ke - empat ini, yang Insya Allah akan lebih jelas lagi ketika pembahasan dan atau penulisan menginjak pada ayat yang menerangkan tentang hari pembalasan.

Wallahu A'lam

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogger news

Blogger templates

About