Alhamdulilahi Rabbil 'Alamin

Monday, March 11, 2013 By Al Quran Terjemah 0 comments

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ 

 ( Segala Puji Bagi Allah Tuhan Semesta Alam ) 

Alhamdu (segala puji) sebagaimana kita ketahui memuji adalah perbuatan yang berupa ungkapan untuk melebihkan , memberikan predikat yang baik kepada seseorang atas perbuatan yang dikerjakan olehnya baik dengan kemauan sendiri maupun dengan terpaksa. Maka makna dari memuji Allah adalah dengan menyanjung-Nya karena perbuatan-Nya (nikmat, karunia, hidayah, taufik, syafaat) yang baik.

Menghadapkan dan atau memberikan Segala pujian bagi Allah Subhanahu Wata'ala adalah karena Dialah sumber dari segalanya yang patut dan harus untuk dipuj.

Rabbil 'Alamiin (Tuhan semesta alam) bermakna bahwa semua yang ada dilangit dan dibumi yang terdiri dari berbagai jenis dan macam, diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata'la seperti : alam manusia, alam hewan, alam tumbuh-tumbuhan, benda-benda mati dan sebagainya. Allah pencipta semua alam-alam itu pada awalnya dan kemudian bersemayam diatas Arsy' dan mengutus malaikat dan manusia untuk mengatur beberapa urusan (al akhfi dan ayat ayat yang lain), In Sya Allah akan dibahas kemudian.

Makna dari segala puji bagi Allah adalah memuji akan ke - Maha kuasaan Nya terhadap segala sesuatu yang ada dilangit dan dibumi. Terdapat empat pujian utama yang patut untuk kita ketahui sebagaimana dijelaskan dalam ayat - ayat yang lain diantaranya :

1. Pujian kepada Allah Subhanahu Wata'ala yang telah menciptakan langit dan bumi serta mengadakan gelap dan terang dengan menciptakan matahari disiang hari dan kegelapan dimalam hari. bagaimana seandainya dilangit dan dibumi ini gelap terus menerus dan atau terang terus menerus....?

2. Pujian kepada Allah Subhanahu Wata'ala adalah karena telah menurunkan Kitab yang menerangkan kepada setiap hamba  - hamba Nya yang beriman dan tentunya terpilih, untuk memberikan bimbingan yang lurus dan peringatan kepada manusia akan hari - hari Nya, serta kabar gembira bahwa janji Allah itu benar.

3. Pujian Kepada Allah Subhanahu Wata'ala selain telah menciptakan langit dan bumi adalah karena juga menjadikan malaikat untuk mengurus berbagai macam urusan, seperti membagi Rizky dan karunia, menyampaikan wahyu, mencatat amal, dsb.

4. Pujian bagi Allah Subhanahu Wata'ala karena Dialah yang memiliki apa yang dilangit dan dibumi dunia dan akhirat. Dialah yang paling berkuasa dengan segala apa yang dilangit dan dibumi, dia berkehendak sesuai dengan apa yang dikehendaki Nya dan kepada Nyalah kembali segala sesuatu.

Pengertian dan pengucapan serta pengalaman atas pemberian Pujian bagi Allah Subhanahu Wata'ala kurang lebih telah dijelaskan dalam 4 ayat Nya diatas sebagaimana tertulis didalam kitab Nya surah Al An'aam, Al Kahfi, Faathir, dan surah Saba'.

Oleh karena itu ..

Hendaklah seorang muslim mengucapkan Al Hamdulilahi Rabbil 'Alamin ketika menjumpai dan atau menemukan serta menikmati hal - hal yang telah tersebut diatas. Contoh yang paling sederhana adalah ketika kita mendapatkan Rizky baik berupa gaji, sedekah , sehat setelah sakit atau hal hal lain yang tidak terduga tentunya yang berupa nikmat yang pada hakikatnya kesemua itu datang dari Allah Subhanahu Wat'ala.

Disinilah letak dzikir yang sesungguhnya , yakni dengan memperhatikan setiap tanda - tanda kekuasaan Allah Subhanahu Wat'ala yang ada dilangit dan dibumi serta pada diri kita sendiri.

Wallahu A'lam

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogger news

Blogger templates

About