Basmallah atau Bismillah

Monday, March 11, 2013 By Al Quran Terjemah 0 comments
 بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

(Dengan Menyebut Asma Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang)

Lafadz Basmallah dalam surah Al Fatihah mengandung maksud bahwa si empunya yang membaca Basmallah berniat memulai membaca Surah Al-Fatihah tersebut dengan mengagungkan Asma Allah, sebagaimana awal dari perintah Allah Subhanahu Wata'ala yang disampaikan oleh Malaikat Jibril untuk membaca dengan menyebut Asma Allah (Al Alaq) Basmallah juga dipergunakan setiap kali melakukan pekerjaan yang baik, dan atau bernilai ibadah dan hendaknyalah setiap muslim memulai segala sesuatu perkerjaan dengan menyebut asma Allah, seperti makan dan minum, berangkat bekerja , keluar rumah , dan sebagainya.

Allah ialah nama Dzat Yang Maha Suci, Yang berhak untuk disembah dan diibadahi dengan sebenar-benarnya, tidak membutuhkan makhluk-Nya, akan tetapi makhluklah yang membutuhkan-Nya, menurut kesepakatan para ulama' yang telah melalui beberapa uji dan seleksi serta pemikiran , pencarian dan akhirnya didapatkan sebuah kesimpulan yang Insya Allah benar adanya bahwa Allah Subhanahu Wata'ala memiliki nama - nama lain yang berjumlah kurang lebih 99, yang kesemuanya terangkum dan tersebar didalam kitab Nya.

Sifat Allah Subhanahu Wat'aala Ar Rahmaan dan Ar Rahiim, yang terdapat dalam lafadz Bismillah / Basmallah , menurut beberapa ulama kurang lebih mengandung maksud demi untuk memuliakan dan mengagungkan Allah Subhanahu Wata'ala atas segala sifat - sifat yang dimiliki-Nya , khususnya sifat kasih dan sayang Nya didunia dan diakhirat terhadap setiap hamba - hamba Nya.

Ar Rahmaan (Maha Pemurah) : Adalah salah satu dari 99 Nama Allah yang kurang lebih memberikan satu pengertian bahwasanya Allah Subhanahu Wata'ala melimpahkan karunia kepada setiap makhluk-Nya, khususnya manusia tanpa memandang apakah itu beriman atau tidak. Sifat Allah Ar Rahman menunjukkan makna luas dan penuh yang menunjukkan perbuatan melingkupi segala aspek dalam kehidupan, baik didalam kehidupan dunia maupun dalam kehidupan di Akherat.

Ar Rahiim (Maha Penyayang) : Adalah juga merupakan salah satu dari 99 Nama Allah yang menjelaskan sifat Nya dengan memberikan sebuah pengertian bahwa Allah Subhanahu Wata'ala senantiasa bersifat rahmah yang menyebabkan Dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada makhluk yang dikasihi Nya saja.

Terdapat dua pengertian yang sama namun berbeda didalam kedua Asma Allah Tersebut diatas dimana Sifat Ar Rahman memberikan makna dan arti bahwa dalam setiap perbuatan-Nya, menunjukkan bahwa Dia memberi kasih sayang kepada makhluk-Nya secara luas dan penuh. sedangkan sifat Ar Rahiim menunjukkan makna bahwa Allah Subhanahu wata'ala memberikan kasih sayang Nya khusus kepada makhluk yang di kasihi Nya.

Wallahu A'lam


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogger news

Blogger templates

About